Pages

Jumat, 30 Mei 2014

Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas Setempat

Surat keterangan sehat dari puskesmas setempat, adalah surat yang didapat dengan melakukan vaksin TT(D) dan tes kesehatan di Puskesmas yang telah ditunjuk tempat calon pengantin wanita tinggal. Rupanya, untuk kelengkapan dan kesehatan si jabang beybeh yang nantinya lahir, calon pengantin wanita diharuskan memenuhi persyaratan ini.

Puskesmas Jelakombo Jombang :  Tempat Vaksin TT(D)
  
Calon pengantin wanita harus melakukan suntik imunisasi di puskesmas yang ditunjuk di tempatnya tinggal *dan hal ini sangat menakutkan saya sebagai calon pengantin T_T saya takut suntik hingga sekarang*. Biasanya, karena vaksin itu tidak boleh dibuka sembarangan dan harus digunaakan secara bersamaan, ada jadwal tertentu pemberian vaksin. Kebetulan, pemberian vaksin TT(D) di puskesmas tempat saya tinggal menjadwalkan setiap hari Senin dan Kamis. Seperti jadwal puasa sunnah ya... 

Jadwal imunisasi Puskesmas Jelakombo

Ibu-ibu yang mau mengimunisasi anaknya
Vaksin TT(D) adalah vaksin yang fungsinya untuk mencegah penyakit Tetanus, Tokso dan Disentri. Vaksi ini memang disebut TT, yang merupakan kepanjangan dari Tetanus dan Tokso. Namun karena perkembangan zaman, kandungan vaksin ini ditambahkan anti-disentri di dalamnya. Meski sudah ada tambahan disentri, seringnya orang-orang masih menyebut dengan vaksin TT, itulah mengapa saya beri tanda kurung untuk huruf ‘D’nya. Jadi, dalam sekali suntik, calon pengantin perempuan mendapatkan tiga vaksin sekaligus.

Petugas Loket Kasir

Bukti Bayar Pemeriksaan Calon Pengantin
Suntik TT(D) yang saya lakukan di puskesmas setempat dengan membayar sebesar sepuluh ribu rupiah terlebih dahulu di loket pembayaran puskesmas. Kemudian, saya mendapatkan bukti bayar dan masuk ke ruang vaksinasi untuk mendaatkan suntikan.

Pertama-tama, di dalam ruang vaksin, petugas akan menanyai kapan ‘si korban’ lahir, untuk mengecek sudah-tidaknya mereka disuntik vaksin terkait sebelumnya. Memang ada program pemerintah suntik vaksin massal di puskesmas tahun 2013 lalu dan aneka rentetan suntik di sekolah dasar di kelas satu, kelas lima, dan kelas enam.

Setelah mengecek kelengkapan itu, petugas menyiapkan vaksin dan jarum suntiknya. Bagian ini saya rasa paling mendebarkan, karena saya seperti akan segera dieksekusi ToT. Untung sebelumnya saya mengajak ibu untuk dipeluk, karena jujur meski di usia ‘sesepuh’ ini, saya masih takut disuntik. Selain itu, fungsi ibu juga untuk ganti menyetir kendaraan pulang ke rumah, karena biasanya setelah disuntik, tangan saya akan nyeri selama satu minggu.

Lihat... itu vaksinnya

Ya, seperti yang diduga sebelumnya, petugas puskesmas langsung mengeksekusi saya jras-jrus sak enake dan saya pun tak kuasa menahan air mata di pelukan ibu..
Kartu sudah disuntik

Setelah dieksekusi, saya mendapatkan kartu sudah disuntik dan menuju ruang pemeriksaan kesehatan. Umumnya, pemeriksaan kesehatan dilakukan dengan mengambil sampel darah calon pengantin untuk dianalisa lebih lanjut.


Ya, pemeriksaan kesehatan pasangan calon pengantin wajib dilakukan sebelum menikah, untuk kebaikan bersama. Sehingga ada baiknya calon pengantin melakukan pemeriksaan. Saya memang tidak melakukan pemeriksaan di puskesmas, tapi akan saya lakukan di klinik medis lain bersama pasangan.

Kartu Suntik TT
Foto diambil sebelum eksekusi
Namun karena saya dalam keadaan terguncang setelah vaksin, ibu puskesmasnya prihatin dan langsung mengeluarkan surat sehat dengan meminjam KTP sebagai tanda pengenal untuk pengisian surat keterangan sehat. Maaf nggak ada fotonya karena saya masih gemetar. Dan pagi itu saya pulang ke rumah dibonceng ibu dalam keadaan masih menangis... :'(

Surat Keterangan Sehat ini dijadikan salah satu kelengkapan persyaratan ke KUA bersama surat bukti sudah bayar administrasi. Gimana,,, sudah bayar????

Baca selanjutnya :

ü  Bukti Sudah bayar lunas administrasi nikah ke rekening KUA

5 komentar:

Unknown mengatakan...

berarti di klinik bisa ya ga hrus di puskesmas

Jendela ilmu mengatakan...

Kalau nikahnya sama orang yg dari kota lain itu imunisasi nya dimana ya? Ditempat wanita atau dimana saja boleh?

Unknown mengatakan...

Dipuskesmas nya wanita kak

Unknown mengatakan...

Kalau buat calon pengantin wanita di imunisasi Nya TT brapa..

Unknown mengatakan...

Kalau buat calon pengantin wanita di imunisasi Nya TT brapa..

Posting Komentar